Close
Skip to content
Prospective Student
Prospective Student
www.tekim.iti.ac.id
www.tekim.iti.ac.id

Terima kasih atas minat Anda pada program studi kami

Kami sangat bangga dengan program studi teknik kimia kami di Institut Teknologi Indonesia. Dimana program studi kami memiliki peringkat terbaik di kampus ini dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas ataupun memiliki perusahaan rintisan berbasis teknologi. Kami memiliki fokus penelitian yang kuat, kami juga sangat peduli dengan mahasiswa kami dan misi pendidikan kami.

Kami berharap dapat bertemu dengan calon mahasiswa baru dan melihat mereka dengan pekerjaan yang memuaskan dan makmur di bidang teknik kimia. Kami berharap informasi berikut berguna bagi Anda dalam mengambil keputusan yang sangat penting ini.

Apa itu Teknik Kimia?

Bagi Anda yang belum mengetahui, Anda mungkin ingin tahu lebih banyak tentang apa itu teknik kimia dan apa yang dilakukan lulusan teknik kimia. Lulusan Teknik kimia adalah pemecah masalah yang menerapkan pengetahuan ilmiah, keahlian teknis, dan kreativitas untuk membuat bahan yang bermanfaat, efisien, aman serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Lulusan Teknik kimia dapat terlibat dalam dunia industri proses atau disebut dengan process engineer dimana keahliannya mampu mendesign dan mengevaluasi peralatan proses di industri, ataupun juga dapat bekerja di industri migas dan lainnya. Lulusan teknik kimia serba bisa. Mereka mungkin mengembangkan sol yang lebih baik untuk sepatu olahraga Anda, atau membuat bahan yang dibutuhkan untuk generasi sel surya berikutnya, atau menyempurnakan lapisan cokelat pada permen favorit Anda. Lulusan teknik kimia mampu bekerja dalam penelitian, desain, pengembangan, produksi, penjualan teknis, dan manajemen. Selain itu juga dapat menjadi konsultan, perancang sistem komputer, pengacara yang berfokus pada hukum paten atau lingkungan, dan lainnya. Lulusan teknik kimia bertanggung jawab atas banyak terobosan teknologi yang benar-benar mengubah arah sejarah manusia. Setiap pencapaian berikut hanyalah beberapa contoh dari apa yang telah dimungkinkan oleh para lulusan teknik kimia.

Gaji

Secara konsisten dan selama lebih dari satu dekade, para lulusan teknik kimia memiliki gaji di atas rata-rata dalam hal gaji awal, dan gaji rata-rata seumur hidup.

Selain itu, lulusan teknik kimia, yang dilatih untuk mengelola proses yang sangat rumit, sering kali menemukan peluang untuk maju ke dalam jajaran manajemen. Jika Anda memiliki gelar yang lebih tinggi, (melanjutkan ke S2 dan S3), gaji awal Anda dapat dinaikkan barkali-kali lipat dan prospek kemajuan Anda akan sangat mengesankan.

Beberapa alumni PSTK ITI sudah bekerja di perusahaan besar seperti Pertamina, British Petroleum, BASF, JGC Indonesia, Chandra Asri Petrochemical dan lainnya bahkan telah memiliki jabatan penting seberti manager, direktur dan CEO. Sudah banyak juga alumni yang memiliki perusahaan sendiri.

Prospek PSTK ITI


TEKNIK KIMIA adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara menerapkan hukum-hukum kimia dan fisika ke dalam perencanaan, pembangunan, pelaksanaan operasi dari pabrik-pabrik yang mengolah bahan baku menjadi berbagai produk secara ekonomis. Atau secara lengkapnya seorang mahasiswa Teknik Kimia dipersiapkan untuk dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik / industri, mengkonstruksi pendirian suatu pabrik (dalam batas batas tertentu) mengadakan penelitian dan pengembangan proses, dan merencanakan serta memanajemen penjualan dan pelayanan. Mahasiswa prodi Teknik Kimia ITI juga akan mempelajari bagaimana mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara proses dan alat-alat kimia tersebut.

Dengan bekal ilmu-ilmu tersebut, para lulusan program studi Teknik Kimia ITI dapat bekerja di berbagai jenis industri kimia seperti, industri hulu dan hilir perminyakan dan gas alam, industri engineering, procurement and construction (EPC), industri bahan kimia, industri polimer, industri semen, industri makanan, dan lain-lain. Mahasiswa Teknik Kimia ITI juga akan mempelajari cara melakukan sebuah penelitian ilmiah sehingga lulusan program ini juga bisa memiliki pilihan untuk menapaki karir sebagai peneliti di berbagai lembaga penelitian di Indonesia. Mahasiswa Teknik Kimia ITI juga diajarkan dasar-dasar kewirausahaan dan memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan kewirausahaan. Dengan demikian para lulusan juga telah memiliki bekal untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Kompetensi Lulusan


Prospective Student

Akreditasi PSTK ITI

Saat ini Akreditasi PSTK ITI adalah B berdasarkan penilaian dari BAN-PT. Dapat dilihat pada laman BAN PT

Link BAN PT

Sertifikat akreditasi PSTK ITI dapat dilihat di sini

Kami akan selalu meningkatkan akreditasi program studi kami menjadi lebih baik lagi dan berencana untuk memiliki akreditasi internasional

Translate »